Jelang Event Aquabike Jetsky World Championship 2023, Lembaga Adat Desa Pardomuan Samosir Gelar Ritual Manguras Tao

    Jelang Event Aquabike Jetsky World Championship 2023, Lembaga Adat Desa Pardomuan Samosir Gelar Ritual Manguras Tao
    Acara Ritual Manguras Tao

    SAMOSIR-Tiga hari sebelum pelaksanaan Event Aquabike Jetsky World Championship 2023, Lembaga adat dan budaya Desa Pardomuan I menggelar ritual budaya di Zona 4, Desa Pardomuan I, Kabupaten Samosir, Senin (20/11/2023).

    Sebelumnya, ritual adat dan budaya diawali dengan penyampaian perlengkapan ritual dari Turpuk Siopat Ina kepada pemimpin ritual (panuturi). Selanjutnya panuturi, Abiden Naibaho menyampaikan segala permintaan diiringi Gondang (alat musik Batak).

    Dalam hal ini Abiden membawa anggir (jeruk purut) dengan penyampaian doa-doa jeruk purut diletakkan diatas air Danau Toba. Melalui doa dan uning-uningan yang disampaikan dipercaya acara akan berjalan dengan baik untuk kejayaan pariwisata Samosir.

    Ritual budaya batak yang dilakukan lembaga adat dan budaya Desa Pardomuan I melalui Turpuk Siopat Ina (Simbolon, Tamba tua, Nadeak, Silalahi) bertujuan untuk kesuksesan event berskala Internasional di kawasan Danau Toba Kabupaten Samosir

    Selain itu, Ritual menjelang sebuah event skala besar maupun Internasional di kawasan Danau Toba juga merupakan tradisi atau kebiasaan masyarakat sekitar Danau Toba saat menghelat sebuah acara, ”ujar A. Murni Simbolon usai melaksanakan ritual budaya batak

    Ketua lembaga adat dan budaya, A. Murni Simbolon juga menyampaikan, ritual merupakan bagian adat dan budaya, dengan harapan Tuhan menjauhkan aral melintang dengan harapan acara sukses dan masyarakat akan bersukacita.

    Bupati Samosir diwakili SAB Rudi SM. Siahaan menyampaikan, pelaksanaan ritual yang dilaksanakan di zona 4 (taman rohani) yang juga merupakan lokasi event Aquabike Jetsky World Championship 2023 merupakan bagian dari budaya batak, ”ujar Rudi

    Rudi juga berharap ritual adat dapat dilaksanakan sesuai dengan kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan masyarakat Turpuk Siopat Ina sebagai tuan rumah penyelenggaraan event. Dan semoga doa-doa tersampaikan dengan baik sehingga apapun kegiatan yang dilaksanakan sukses dan lancar, " kata Rudi.

    Turut hadir, Hermin Esti Setiawaty dari Kemenkomarves, PPK Water Front City, Enda Simakasura Ketaren, tokoh adat dan tokoh masyarakat Desa Pardomuan I Kecamatan Pangururan dan undangan laiannya. (Karmel)

    samosir
    Karmel

    Karmel

    Artikel Sebelumnya

    Jelang Event Aquabike Jetsky World Championship,...

    Artikel Berikutnya

    Mudahkan Mobilisasi dan Atasi Kemacetan,...

    Berita terkait

    Rekomendasi berita

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Satgasud PAM VVIP KTT World Water Forum Amankan Wilayah Udara Bali
    Dandim 1715/Yahukimo Kunjungi Koramil 1715-03/Kurima Untuk Mengecek Perencanaan dan Persiapan Renovasi Kantor Koramil Kurima
    Kearifan Masyarakat Bali Sejalan dengan Semangat World Water Forum ke-10

    Tags